Rabu, 24 April 2013

analisis pesaing


1.     Jelaskan pengertian perubahan dan berikan alasan yang tepat mengapa kita perlu memahami perubahan?
2.     Uraikan secara singkat pengertian analisis pesaing dan hal-hal yang perlu dilakukan dalam analisis pesaing tersebut!

Analisis pesaing merupakan suatu perbuatan menganalisa atau mengidentifikasi apa-apa saja yang dilakukan oleh pihak pesaing atau perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa yang mirip dengan produk kita.
Adapun hal-hal yang perlu dilakukan adalah:
-         Identifikasi pesaing
-         Menentukan sasaran pesaing
-         Identifikasi strategi pesaing
-         Analisis kekuatan dan kelemahan  pesaing
-         Identifikasi reaksi pesaing
-         Strategi menghadapi pesaing.

3.     Jelaskan tujuan utama bagi perusahaan dengan mengadakan analisis pesaing dan bagaiman caranya mengidentifikasikan pesaing secara tepat?
Tujuan utama perusahaan mengadakan analisis pesaing adalah agar perusahaan dapat mengetahui keunggulan pesaing dalam bidang mana serta di mana letak kelemahan pesaing, dimana dengan mengetahui keunggulan dan kelemahan pesaing, perusahaan dapat dengan mudah melakukan berbagai serangan terhadap kelemahan pesaing dan berusaha untuk bertahan jika suatu waktu terjadi serangan balik dari pesaing.
Cara mengidentifikasi pesaing yaitu dengan mengetahui secara jelas apa jenis produk yang ditawarkan oleh pesaing, melihat besarnya pasar yang dikuasai(market share) pesaing melalui segmen pasar yang akan dimasuki. Selain itu juga berusaha untuk memasuki dan mengusahakan untuk menciptakan peluang baru yang sebesar-besarnya serta mencari tahu keunggulan dan kelemahan yang dimiliki pesaing.

4.     Uraikan dengan contoh sasaran pesaing dan pada kondisi yang bagaimana pesaing harus dilawan atau sebaliknya?

Sasaran pesaing diantaranya adalah:
-         Memaksimalkan laba
Perlu mengetahui laba jangka pendek atau laba jangka panjang dan apa tindakan yang akan mereka ambil.
Contoh: dengan menetapkan harga yang relatif murah agar kepuasan konsumen dapat ditingkatkan sehingga dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal karena konsumen tetap membeli produk tsb.

-         Memperbesar market share
Perlu mengetahui apakah pertumbuhan market share yang dimiliki cukup besar.
Contoh: dengan menurunkan harga agar konsumen akan tetap membeli produk kita dan akan tersebar melalui para konsumen yang membeli produk kita, selain itu juga dapat melalui promosi agar pasar yang dikuasai semakin luas.
-         Meningkatkan mutu produk
Bertujuan untuk menggaet pelanggan milik pesaing.
Contoh: dengan memberikan berbagai kelebihan seperti produk plus, bunga yang kompetitif, frekuensi penarikan, jumlah jaringan, atau teknologi yang dimiliki.

Pesaing harus dilawan apabila pihak lawan sudah menentukan sasaran yang sangat merugikan pihak perusahaan dan dilakukan dengan cara yang tidak fair atau curang.

5.     Jelaskan secara lengkap kekuatan dan kelemahan pesaing dan berikan alasan mengapa begitu penting untuk diketahui!

Dalam melakukan analisis pesaing, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui kelemahan dan kekuatan yang dimiliki pesaing, dimana informasinya dapat diperoleh dari pelanggan, karyawan atau lembaga lain. Informasi kekuatan dan kelemahan pesaing diantaranya dalam bidang keuangan, sumber daya manusia, produksi dan teknologi atau dalam bidang pemasaran, serta strategi produk, harga, distribusi, maupun promosi yang mereka lakukan.

Kekuatan yang dimiliki pesaing harus dipertimbangkan mengingat mereka dapat pula memanfaatkan kekuatan untuk melakukan serangan balik. Sedangkan, mengetahui kelemahan pesaing memudahkan perusahaan untuk melakukan serangan balik.

6.     Jelaskan cara-cara mengidentifikasikan strategi pesaing dan kemungkinan strategi yang akan dilakukan!
-         Strategi menyerang pesaing yang lemah lebih dahulu, artinya menyerang perusahaan yang dianggap lemah baik dalam teknologi, jaringan, ataupun modal.
-         Pesaing langsung menyerang lawan yang kuat, penyerangan secara langsung terhadap kelemahan yang dimiliki lawannya.
-         Strategi gerilya, yaitu strategi yang dilakukan pesaing dengan mnembak dan lari. Biasanya dilakukan dengan menunggu lawannya yang sedang lengah.
-         Bertahan terhadap setiap serangan yang dilakukan lawan atau mengimbangi serangan yang dilakukan lawan. Biasanya menunggu lawan menyerang lebih dahulu, namun bagi perusahaan yang lemah hal ini sangat berbahaya.

7.     Jelaskan cara-cara mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pesaing!

-         Mencari dan mengumpulkan data tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan sasaran, strategi, dan kinerja pesaing.
-         Mencari tahu   kekuatan pesaing dalam hal keuangan, sumber daya manusia, teknologi, serta lobi di pasar.
-         Mengetahui market share yang dikuasai pesaing dan tindakan pesaing terhadap pelanggan.
-         Mencari tahu kelemahan pesaing dalam hal keuangan, sumber daya manusia, teknologi, serta lobi di pasar.

8.     Uraikan secara lengkap strategi dalam menghadapi pesaing dn bagaimana reaksi pesaing bila diserang?

Strategi menghadapi pesaing dapat dilakukan dengan cara melemahkan dan menghancurkan pesaing dengan memasang strategi yang kompetitif, dimana strategi kompetitif dilakukan dengan melihat posisi keberadaan kita sebelum melakukan penyerangan.
Beberapa reaksi pesaing bila diserang:
-         Apabila kita menurunkan harga, akan diikuti pesaing dengan menurunkan harga pula, bahkan mungkin lebih rendah dari kita.
-         Apabila kita memberikan hadiah, akan dibalas juga dengan hadiah yang lebih baik.
-         Apabila kita memberikan diskon dalam jumlah tertentu kepada pelanggan, pesaing juga member diskon yang lebih menarik.
-         Apabila kita membebaskan biaya seperti administrasi, pasti akan diikuti pesaing dengan jumlah biaya yang lebih murah.
-         Apabila kita membuka cabang di suatu lokasi, akan dibalas oleh pesaing dengan membuka cabang di lokasi perusahaan kita.

9.     Jelaskan maksud dan tujuan strategi pemimpin pasar dan penentang pasar serta posisi masing-masing!

Tujuan utama yang dijalankan oleh pemimpin pasar adalah menjadi atau tetap nomor satu.
Posisinya yaitu menciptakan produk baru, memberikan promosi, meningkatkan kualitas produk yang sudah ada dan hal-hal lain sebelum dilakukan oleh pesaing.

Tujuan utama yang dijalankan oleh penantang pasar adalah market share.
Dalam melakukan strateginya, penantang pasar sering mendahului pemimpin pasar, misalnya dalam hal peluncuran produk baru, penurunan harga, atau pemberian promosi besar-besaran.

10.                        Uraikan bentuk pertahanan yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi serangan dari pesaingnya!

-         Pertahanan Fontal, yaitu perusahaan melakukan pertahanan dari segala penjuru agar tidak diserang oleh pesaing, diperlukan kekuatan sumber daya yang cukup besar.
-         Pertahanan Samping, yaitu perusahaan berusaha menutupi kelemahan yang dimilikinya agar tidak diserang oleh pesaing.
-         Pertahanan Menyerang Lebih Dahulu, yaitu perusahaan harus melakukan penyerangan lebih dahulu ke pesaing agar tidak diserang pesaing, tujuannya agar pesaing salah langkah untuk menyerang perusahaan kita, bahkan mungkin membatalkan serangannya.
-         Pertahanan Menyerang Balik
Posisi ini dilakukan setelah ada serangan dari pihak lawan. Agar posisi kita tidak kalah atau lemah, sebaiknya perusahaan juga menyerang balik untuk memberi pelajaran atau sekedar menggertak lawan agar menghentikan serangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar