1. Jelaskan
pengertian perubahan dan berikan alasan yang tepat mengapa kita perlu memahami
perubahan?
2. Uraikan
secara singkat pengertian analisis pesaing dan hal-hal yang perlu dilakukan
dalam analisis pesaing tersebut!
Analisis
pesaing merupakan suatu perbuatan menganalisa atau mengidentifikasi apa-apa
saja yang dilakukan oleh pihak pesaing atau perusahaan yang menghasilkan barang
atau jasa yang mirip dengan produk kita.
Adapun
hal-hal yang perlu dilakukan adalah:
-
Identifikasi pesaing
-
Menentukan sasaran
pesaing
-
Identifikasi strategi
pesaing
-
Analisis kekuatan dan
kelemahan pesaing
-
Identifikasi reaksi
pesaing
-
Strategi menghadapi
pesaing.
3. Jelaskan
tujuan utama bagi perusahaan dengan mengadakan analisis pesaing dan bagaiman
caranya mengidentifikasikan pesaing secara tepat?
Tujuan
utama perusahaan mengadakan analisis pesaing adalah agar perusahaan dapat
mengetahui keunggulan pesaing dalam bidang mana serta di mana letak kelemahan
pesaing, dimana dengan mengetahui keunggulan dan kelemahan pesaing, perusahaan
dapat dengan mudah melakukan berbagai serangan terhadap kelemahan pesaing dan
berusaha untuk bertahan jika suatu waktu terjadi serangan balik dari pesaing.
Cara
mengidentifikasi pesaing yaitu dengan mengetahui secara jelas apa jenis produk yang
ditawarkan oleh pesaing, melihat besarnya pasar yang dikuasai(market share)
pesaing melalui segmen pasar yang akan dimasuki. Selain itu juga berusaha untuk
memasuki dan mengusahakan untuk menciptakan peluang baru yang sebesar-besarnya
serta mencari tahu keunggulan dan kelemahan yang dimiliki pesaing.
4. Uraikan
dengan contoh sasaran pesaing dan pada kondisi yang bagaimana pesaing harus
dilawan atau sebaliknya?
Sasaran
pesaing diantaranya adalah:
-
Memaksimalkan laba
Perlu mengetahui
laba jangka pendek atau laba jangka panjang dan apa tindakan yang akan mereka
ambil.
Contoh: dengan
menetapkan harga yang relatif murah agar kepuasan konsumen dapat ditingkatkan
sehingga dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal karena konsumen tetap
membeli produk tsb.
-
Memperbesar market
share
Perlu mengetahui
apakah pertumbuhan market share yang dimiliki cukup besar.
Contoh: dengan
menurunkan harga agar konsumen akan tetap membeli produk kita dan akan tersebar
melalui para konsumen yang membeli produk kita, selain itu juga dapat melalui
promosi agar pasar yang dikuasai semakin luas.
-
Meningkatkan mutu
produk
Bertujuan untuk menggaet pelanggan
milik pesaing.
Contoh: dengan
memberikan berbagai kelebihan seperti produk plus, bunga yang kompetitif,
frekuensi penarikan, jumlah jaringan, atau teknologi yang dimiliki.
Pesaing harus dilawan apabila pihak
lawan sudah menentukan sasaran yang sangat merugikan pihak perusahaan dan
dilakukan dengan cara yang tidak fair atau curang.
5. Jelaskan
secara lengkap kekuatan dan kelemahan pesaing dan berikan alasan mengapa begitu
penting untuk diketahui!
Dalam
melakukan analisis pesaing, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah
mengetahui kelemahan dan kekuatan yang dimiliki pesaing, dimana informasinya
dapat diperoleh dari pelanggan, karyawan atau lembaga lain. Informasi kekuatan
dan kelemahan pesaing diantaranya dalam bidang keuangan, sumber daya manusia,
produksi dan teknologi atau dalam bidang pemasaran, serta strategi produk,
harga, distribusi, maupun promosi yang mereka lakukan.
Kekuatan
yang dimiliki pesaing harus dipertimbangkan mengingat mereka dapat pula
memanfaatkan kekuatan untuk melakukan serangan balik. Sedangkan, mengetahui
kelemahan pesaing memudahkan perusahaan untuk melakukan serangan balik.
6. Jelaskan
cara-cara mengidentifikasikan strategi pesaing dan kemungkinan strategi yang
akan dilakukan!
-
Strategi menyerang
pesaing yang lemah lebih dahulu, artinya menyerang perusahaan yang dianggap
lemah baik dalam teknologi, jaringan, ataupun modal.
-
Pesaing langsung
menyerang lawan yang kuat, penyerangan secara langsung terhadap kelemahan yang
dimiliki lawannya.
-
Strategi gerilya, yaitu
strategi yang dilakukan pesaing dengan mnembak dan lari. Biasanya dilakukan
dengan menunggu lawannya yang sedang lengah.
-
Bertahan terhadap
setiap serangan yang dilakukan lawan atau mengimbangi serangan yang dilakukan
lawan. Biasanya menunggu lawan menyerang lebih dahulu, namun bagi perusahaan
yang lemah hal ini sangat berbahaya.
7. Jelaskan
cara-cara mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pesaing!
-
Mencari dan mengumpulkan
data tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan sasaran, strategi, dan
kinerja pesaing.
-
Mencari tahu kekuatan
pesaing dalam hal keuangan, sumber daya manusia, teknologi, serta lobi di
pasar.
-
Mengetahui market share
yang dikuasai pesaing dan tindakan pesaing terhadap pelanggan.
-
Mencari tahu kelemahan
pesaing dalam hal keuangan, sumber daya manusia, teknologi, serta lobi di
pasar.
8. Uraikan
secara lengkap strategi dalam menghadapi pesaing dn bagaimana reaksi pesaing
bila diserang?
Strategi
menghadapi pesaing dapat dilakukan dengan cara melemahkan dan menghancurkan
pesaing dengan memasang strategi yang kompetitif, dimana strategi kompetitif
dilakukan dengan melihat posisi keberadaan kita sebelum melakukan penyerangan.
Beberapa
reaksi pesaing bila diserang:
-
Apabila kita menurunkan
harga, akan diikuti pesaing dengan menurunkan harga pula, bahkan mungkin lebih
rendah dari kita.
-
Apabila kita memberikan
hadiah, akan dibalas juga dengan hadiah yang lebih baik.
-
Apabila kita memberikan
diskon dalam jumlah tertentu kepada pelanggan, pesaing juga member diskon yang
lebih menarik.
-
Apabila kita
membebaskan biaya seperti administrasi, pasti akan diikuti pesaing dengan
jumlah biaya yang lebih murah.
-
Apabila kita membuka
cabang di suatu lokasi, akan dibalas oleh pesaing dengan membuka cabang di
lokasi perusahaan kita.
9. Jelaskan
maksud dan tujuan strategi pemimpin pasar dan penentang pasar serta posisi
masing-masing!
Tujuan
utama yang dijalankan oleh pemimpin pasar adalah menjadi atau tetap nomor satu.
Posisinya
yaitu menciptakan produk baru, memberikan promosi, meningkatkan kualitas produk
yang sudah ada dan hal-hal lain sebelum dilakukan oleh pesaing.
Tujuan
utama yang dijalankan oleh penantang pasar adalah market share.
Dalam
melakukan strateginya, penantang pasar sering mendahului pemimpin pasar,
misalnya dalam hal peluncuran produk baru, penurunan harga, atau pemberian
promosi besar-besaran.
10.
Uraikan bentuk
pertahanan yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi serangan dari
pesaingnya!
-
Pertahanan Fontal,
yaitu perusahaan melakukan pertahanan dari segala penjuru agar tidak diserang
oleh pesaing, diperlukan kekuatan sumber daya yang cukup besar.
-
Pertahanan Samping,
yaitu perusahaan berusaha menutupi kelemahan yang dimilikinya agar tidak diserang
oleh pesaing.
-
Pertahanan Menyerang
Lebih Dahulu, yaitu perusahaan harus melakukan penyerangan lebih dahulu ke
pesaing agar tidak diserang pesaing, tujuannya agar pesaing salah langkah untuk
menyerang perusahaan kita, bahkan mungkin membatalkan serangannya.
-
Pertahanan Menyerang
Balik
Posisi ini dilakukan setelah ada
serangan dari pihak lawan. Agar posisi kita tidak kalah atau lemah, sebaiknya
perusahaan juga menyerang balik untuk memberi pelajaran atau sekedar menggertak
lawan agar menghentikan serangannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar